Jumat, 04 Juli 2014

Tugas Komputer

Tugas Komputer

TUGAS
Nama : Herlina Duwith

NIM : 0512095
SOAL 1

1. Apa keuntungan atau manfaat yang di peroleh bila menggunaka kemajua Teknologi Informasi dan Telekomunikasi dalam kehidupan sehari – sehari Jawab :

TIK dengan kemampuan untuk mendistribusikan informasi secara cepat, dari satu tempat ke tempat yang lain yang berjauhan, tentu saja memberikan manfaat yang sangat berarti dalam kehidupan manusia. Berikut ini dijelaskan manfaat penerapan TIK.

1. Globalisasi

Dengan hadirnya TIK, orang-orang yang tersebar di dunia bisa saling bertukar informasi atau berinteraksi dengan cepat dan effisien, tidak tergantung pada lokasi mereka ataupun perbedaan bahasa yang mereka gunakan sehari-hari. Seorang siswa yang tinggal di daerah yang terpencil bisa mengambil informasi atau memperoleh pengetahuan yang sebenarnya terletak ribuan atau ratusan ribu kilometer darinya. Sebagai contoh, seorang yang ingin beli buku yang ada di luar negri cukup mendatangi warung internet, jika tidak punya akses di rumah atau di kantor, dan melakukan pemesanan karena penjual membuka toko buku online.

2. Kemudahan Berkomunkasir

Dengan buatan TIK, setiap orang dapat berkomunikasi dengan cepat, murah dan efisien. Orang bisa menggunakan komunikasi tidak langsung seperti surat elektronis, komunikasi langsung melalui chatting, ataupun bertatap muka secara elektronis melalui videokonferensi.

3. Dukungan Pembelajaran

Banyak program komputer yang ditujukan untuk mempermudah orang dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun bahasa asing. dengan dukungan multimedia, ilmu-ilmu yang sering dianggap sulit dapat disajikan dalam bentuk atau cara yang membuat orang senang mempelajarinya. Sesuatu materi juga dapat dipelajari dengan komputer tanpa harus menginstal program karena program ditauh pada penyedia dan kita cukup mengunjungi situs webnya.

4. Penghematan Biaya

Pebisnis dapat menggunakan TIK untuk menjalankan bisnis dengan harapan dapat melakukan penghematan biaya sehingga bisa menjual produk dengan lebih mudah dan meningkatkan kompetisi dengan pesaing. Berbagai perusahaan bisa saling bekerja sama untuk bertukar informasi secara otomatis sehingga tidak perlu melibatkan orang lain secara khusus. Mesin otomatis dapat bekerja menggantikan peran manusia sehingga produksei menjadi lebih mudah dan kualitas seragam bisa diperoleh.

5. Penghilangan Kendala Waktu

Dengan dukungan TIK, perusahaan dapat melayani pelanggan selama 24 jam sehari. Perusahan dapat mengoperasikan bisnis tanpa kendala waktu. Nasabah bank bisa mengambil uang kapan saja dengan cukup mendatangi mesin ATM. Bank pun tidak perlu menggaji tellet untuk bekerja 24 jam nonstop. Mobile banking memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi atau melihat saldo dari mana saja, Sekalipun mungkin ia sedang berada di hutan atau negara lain yang tidak menyediakan ATM bank bersangkutan

6. Peningkatan Layanan

TIK dapat digunakan untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan. ATM, mobile banking, toko online merupakan salah satu bentuk peningkatan layanan kepada pelanggan. Perbaikan layanan tersebut diharapkan mampu menjaga loyalitas pelanggan. Banyak pemerintah kita atau kabupaten yang menyelenggarakan e-gov dalam rangka memberikan kemudahan dalam melayani masyarakat atau pebisnis.

7. Peningkatan Produktivitas Kerja

TIK juga dapat digukana untuk meningkatkan produktivitas kerja sehingga pekerja dapat memberikan sumbangan berarti yang lebih banyak kepada institusi tempat mereka bekerja. Hal – hal yang menjemukan seperti melakukan perhitungan kredit dapat dialihkan ke komputer dan pekerja dapat memanfaatkan waktunya untuk berfikir ke hal - hal yang lebih produktif atau meningkatkan kreativitasnya sehingga lebih memberi manfaat bagi perusahaan.

8. Pencitpaan Lapangan kerja Baru

TIK telah membuka banyak lapangan kerja baru sehingga penjaga warnung internet, tenaga pemasar, pemrogram dan ragam tenanga khsusu yang dibutuhkan keterampilan. Pada saat ini banyak istilah spesialis yang terkait dengan dunia TIK, seperti analis sistem, desainer sistem, webmaster, dan system engineer.
Soal 2

2. Teknologi informasi dan telekomunikasi dalam praktek kehidupan sehari – hari bisa mendekatkan sesuatu yang jauh dan menjauhkan sesuatu yang dekat apakah benar pernyataan tersebut menurut anda bila benar berikan contoh.
Jawab : Benar
Contohnya : Mendekatkan yang jauh

Perkembangan teknologi saat ini sedang pesat-pesatnya. Pada jaman dulu, kita tidak pernah terbayang bahwa dunia ini akan bisa seperti ini. Ketika wright bersaudara bermimpi untuk bisa terbang, orang-orang disekelilingnya menertawakannya. Mereka bilang, kamu menghayal! tapi wright bersaudara tidak pernah putus asa untuk mewujudkannya. Mereka membuat pesawat pertama di dunia dan berhasil terbang Semua diawali dengan mimpi, begitupun dengan internet ini, berawal dari suatu kebutuhan komunikasi data di cern, internet ini diciptakan oleh organisasi riset CERN, dan semua tercipta. Dunia ini semakin tidak ada batas ruang dan waktu. Mereka disatukan dengan internet. Fenomena yang menurut saya paling menarik adalah social media, misalnya facebook dan twitter. Pengguna facebook dan twitter di Indonesia sudah makin banyak. Penggunanya pun terdiri dari berbagai kalangan, mulai kalangan siswa SD hingga pegawai kantoran.

Keberadaan social media ini tentu membuat kita semakin mudah berkomunikasi. kita dapat berkomunikasi dengan teman-teman, saudara ataupun kenalan dari berbagai dunia dengan social media tanpa harus memikirkan membayar pulsa roaming seandainya kita memakai telepon atau handphone. Di dunia teknologi informasi seperti sekarang ini, jarak seakan tidak ada lagi. Melakukan komunikasi dengan orang lain yang berjarak ratusan, bahkan ribuan kilometer dapat ditempuh hanya dalam hitungan detik. Yang dulunya dianggap jauh dan memakan waktu yang panjang, kini dapat dilakukan tanpa berpindah tempat dan dalam waktu yang singkat.

Contoh : Menjauhkan Yang Dekat

Pernah ketika kita makan bersama dengan teman teman dan juga keluarga, apa yang di lakukan pertama kali adalah memotret hidangan yang tersaji di atas meja, atau ketika jalan jalan yang pertama di lakukan adalah memotret dan membagi di jejaring sosial. Itu memang hal lumrah di jaman teknologi yang serba instan dan juga canggih. Apalagi gadjet kita sudah mempunyai spek yang sangat tinggi bahkan satu gadjet untuk segala hal.

Namun sadarkah kita bahwa gadjet membuat kita menjadi seorang yang sangat individual dan hanya terfokus terhadap satu hal tanpa sadar menghiraukan orang orang terdekat dan lebih sibuk dengan gadjet atau smartphone masing masing, seakan kehilangan smartphone membuat dunia ini lebih buruk lagi.

Semakin menjamurnya smartphone bisa mengubah kehidupan dan kebiasaan. Sekarang kita jadi lebih sering memotret makanan sebelum makan, lebih sering chit-chat via internet ketimbang berbicara langsung dan sebagainya. Kadang kebiasaan ini agak menyakitkan bagi beberapa orang. Bagaimana rasanya jika kita lupa membawa smartphone sedangkan teman yang lain lebih peduli dengan smartphone-nya ketimbang kita.

Misalnya ada remaja , sebut saja nama nya lina. Punya keluarga lengkap dan juga segala sesuatu yang paling di inginkan oleh sebagian anak yang kehilangan kebahagiaan nya bercengkrama dengan keluarga. Namun berbeda dengan lina walaupun mempunyai keluarga yang lengkap dan bahagia, dia lebih senang bermain dengan smartphone nya, mulai dari bangun tidur langung mengecek pesan apa yang masuk lewat smartphone nya, ketika sarapan tak lepas dari smartphone nya asik bermain dengan dunia nya tanpa memperdulikan keluaraga yang sarapan di satu meja, dan di sekolah nya pun hanya teman yang dekat yang bisa berbicara dengan dia dan ironis nya berbica pun lewat jejaring sosial. Dan itu dilakukan setiap hari dan membuat dia malah lebih individual tanpa memperhatikan di sekitar nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar